[Ulasan 1] The Internet: Encryption and Public Keys


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas video dengan judul "The Internet: Encryption & Public Keys". Video ini dapat diakses melalui link berikut : https://youtu.be/ZghMPWGXexs. Video berdurasi selama 6 menit 39 detik dan di publish oleh akun youtube Code.org. Video ini telah ditonton sebanyak 70.120 semenjak di publish pada tanggal 21 Agustus 2015. Narasumber pada video ini adalah Mia Epner yang bekerja pada Department of Defense di US National Intelligence Agency. Video ini menjelaskan bagaimana cryptography mengizinkan untuk transfer data secara aman.

Data apapun yang ada diinternet dapat tetap aman dengan proses yang bernama encryption, yaitu pengacakan atau perubahan pesan untuk menyembunyikan teks asli. Sedangkan decryption merupakan proses menyatukan kembali sehinggan pesan dapat dibaca. Caesar Cipher merupakan alogritma yang mensubsitusi setiap huruf di pesan dengan huruf yang ditambah oleh angka(key) tertentu (Misal G + 3 = J). Masalah dari algoritma Caesar Cipher adalah mudah dipecahkan karena alfabet hanya terdiri dari 26 huruf. Masalah ini dapat diatasi dengan memberikan key yang berbeda-beda pada setiap huruf untuk menambah possibilities dan yang digunakan sekarang adalah 256 bit keys. 

Symetric Encryption adalah saat sender dan receiver berbagi key yang sama dimana dibuat oleh kedua belah pihak. Internet tidak dapat menggunakan hal tersebut karena bersifat publik dan umum. Internet menggunakan Asymetric Encryption yang dapat bertukar public key oleh siapa saja dan private key yang tidak dibagikan. Public key berguna untuk melalukan encrypt, sedangkan private key berguna untuk melakukan decrypt.

Menurut saya video tersebut dapat mempermudah dalam memahami mengenai encryption dan decryption serta tampilan video juga menarik. Pada video, setiap hal-hal tekait dengan encryption dan decryption disajikan dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari sehingga memudahkan penonton untuk mengerti apa yang dimaksud oleh pembicara. Menurut saya encryption dan decryption merupakan hal yang sangat penting agar data-data yang merupakan privasi yang berada di internet dapat terjaga dengan aman. Video ini membantu menjelaskan bagaimana data tersebut dapat tersimpan secara aman di internet yang bersifat terbuka untuk publik. 

Github Account : fildzalarissa
URL Ulasan : http://fildzalarissa.blogspot.com/2017/05/ulasan-1-internet-encryption-and-public.html
URL Video : https://youtu.be/ZghMPWGXexs, durasi: 6:39
Video Author : Code.org
Pemetaan konten : Week02
Revisi Pertama : 19 Mei 2017
Revisi Terakhir : 19 Mei 2017

Komentar

  1. Keren sekali! terima kasih ya!

    BalasHapus
  2. Sama-sama ya Savira! Semoga bisa membantu kamu dalam memahami tentang encryption! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Fildza, setelah membaca review anda tersebut saya jadi lebih mengerti tentang encryption. Oh iya Fildza, semoga UAS OS kita mendapat nilai bagus ya :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Ulasan 2] Types of Operating Systems as Fast as Possible

RANKING05